On Sat, Apr 06, 2002 at 11:09:16AM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> saya set linux ruter... nah ternyata routing yang di jalankan itu bisa beda
> hasilnya dengan /proc/sys/net/ipv4/icmp_echo_ignore_all disable-enable. Trak
> ruting-nyah saya pake traceroute, apakah itu termasuk PMTUD ??

Problem PMTUD tidak berkaitan dengan icmp type echo (reply/request).
Salah satu tipe icmp (source quench?) digunakan untuk memberi informasi
bahwa incoming packet terlalu besar. Kalau sender machine memblok
icmp packet tipe ini, maka otomatis akan menjadi 'tuli', dan memaksa
mengirim packet besar, receiver nggak mau menerima -> hang.

Gejala lain dari problem PMTUD ini misalnya di log keluar message:
no route to host.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja