Saya jadi sedih nich , tadinya mengharapkan dengan mencoba menerapkan open
source membuat bertambahnya ilmu pengetahuan menjadi banyak dengan
keterbatasan sumber yang ada , namun dengan mulai adanya penggalangan
sertifikasi apakah ini menjadikan sifat kapitalis merajalela disegala bidang
, setahu saya dengan sertifikasi membuat yang kaya makin kaya yang miskin
makin miskin , perdagangan bebas tidak bisa di ikuti oleh pedagang yang
tidak mempunyai sertifikat. meski produknya proposional namun karena tak ada
biaya untuk pembuatan sertifikat. Teknisi tidak bisa diterima kerja kalau
tidak punya sertifikat CISCO, sertifikat MSCD dan lain - lain , padahal
tahukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapat sertifikat
tersebut???
Padahal yang punya sertifikat belum tentu keahliannya bisa melebihi yang
tidak punya, saya lihat sendiri kok (karena saya tahu cukup dengan ikut
kursus yang membayar jut -jutan bisa mendapat sertifikat tersebut)
Sekali lagi bagi para pendiri Yayasan Linux Indonesia , ada pertanyaan yang
mengelitik di benak saya , apakah dengan pendirian Yayasan ini dengan
demikian bisa mengontrol para linuxer di indonesia , karena kalau tidak
adanya sertifikasi dari Yayasan ini maka jangan harap kerja di bidang linux
di Indonesia ?????
Terima kasih dan maaf sebelumnya karena kekasaran kata saya , karena saya
muak melihat makin miskinnya bangsa ini.

salam
Rudy Pringadi