On Mon, Apr 15, 2002 at 09:22:28PM +0800, Adi Nugroho wrote:
> Berapa lama defaultnya (yang umum) sebuah paket dinyatakan timed out oleh
> TCP-IP?
> Terutama untuk http, ftp, mail dan IRC (dalnet)
>
> Aku pengen tau, berapa detik maksimum sebuah paket dapat
> di-delay/di-antri-kan, atau mendingan di-drop aja, karena toh udah dianggap
> kadaluarsa sama server/client yang bersangkutan.

Sepertinya yang ditanyakan bukan spec tcp/ip per se tapi
lebih ke pada layer aplikasinya (?) Kalau ya, biasanya
RFC untuk protokol yang dimaksud menyinggung soal ini.
Contohnya RFC2821 (smtp) menyarankan set timeout
untuk masing-masing session. Spec HTTP juga menetapkan
soal ini, misalnya saat lingering close, keepalive timeout
dll. Walaupun pada kenyataannya tidak jarang implementor
menetapkan nilai yang lain, mungkin berdasar pengalaman.

Jadi, kalau yang diharapkan ada 1 nilai limit baku yang
dianut oleh semua protokol, jawabnya tidak ada.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja