On Tuesday 16 April 2002 02:53, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> Saya sudah coba cbq init kalau tidak salah versi 0.6.2. Walaupun peristiwa
> pinjam meminjam bandwith sudah dilakukan antar class, tapi hal itu
> terjadinya lama sekali plus delay entah karena buffernya penuh mungkin  ..
> Susah mengandalkan CBQ kalau sharing dengan QOS.

Hmmm..... kalau pake SFQ buat minjem-minjem bandwidth, dan tidak menginginkan
delay yang  lama, mungkin antriannya terlalu panjang.
Silakan obok-obok source-code-nya.
Buka file /usr/src/linux/net/sched/sch_sfq.c
Lihat sekitar baris 91, ada baris yang berbunyi:
#define SFQ_DEPTH               128
Itu dia jumlah "ember" antrian....
Kecilin aja angka itu, ke angka yang diinginkan, misalnya 20.
Lalu, recompile kernel, dan jalankan.
Delay akan turun sesuai keinginan.....

Jalan lain....
Bikin QoS dong.... service yang tidak boleh delay, ya kasih prioritas :-)

> Saya coba htb (Hierarchy Token Bucket) di
> http://luxik.cdi.cz/~devik/qos/htb/ berjalan dengan baik dan sesuai dengan
> harapan.. Pinjam - meminjam bandwith bisa dilakukan dengan interaktif dan
> hampir real time.. Mungkin rekomendasinya adalah penggunaan HTB ini untuk
> pembatas bandwith dengan QOS.

memang HTB lebih baik....
Maksudku, lebih mudah di-customize.
Syntax-nya juga lebih mudah.