Kalau yang dimaksud membuat program webmail, yang diperlukan adalah penguasaan sebuah
bahasa pemrograman, bisa php, c, perl, dsb.

Kalau yang dimaksud adalah memasang webmail yang sudah ada, anda bisa menggunakan
banyak paket yang sudah jadi, seperti squirrelmail (squirrelmail.org),
vpopmail+sqwebmail (inter7.com), atau vmailmgr+omail (vmailmgr.org, omail.omnis.ch).

Supaya user bisa daftar sendiri, setahu saya untuk qmail ada:
- vqregister (CGI,inter7.com) untuk vpopmail.
- menggunakan vmail, sebuah kumpulan fungsi-fungsi PHP untuk vmailmgr. Filenya ada di
omail-admin.

Dua paket ini menggunakan sistem virtual user di qmail, dan lebih aman karena tidak
harus setuid root.

ishobr