Dh,

Dulu aku sempat punya masalah dengan ini, namun
posisiku adalah sebagai yahoo-nya, yaitu
beberapa server dgn exchange maupun sendmail,
selalu gagal mengirimkan email ke qmail server dikantor.
setelah diselidiki lebih lanjut email-email mereka ternyata
tidak memberikan /r/n (crlf), namun masalahnya fix dengan
memproses setiap email yang masuk jika tidak memberikan
/r/n maka ditambahkan secara otomatis oleh sebuah child process dari program
yang diberikan oleh ucspi-tcp-0.88 yaitu fixcrio, sehingga qmail-smtpd dapat memproses
email tersebut, dan server pengirim tidak mendapatkan connection timeout.

silahkan baca manual penggunaan fixcrio dari ucspi-tcp-0.88 di
http://cr.yp.to/ucspi-tcp/fixcrio.html
jika ucspi-tcp anda belum versi 0.88, mungkin upgrade ke versi 0.88 bisa menyelesaikan
problem anda.

terima kasih, semoga membantu.

Inu.