On 20-Jun-2002, T. Albert wrote:
>   saya mau tanya nih, apakah mungkin dengan memory RDRAM 640 MB
>   trusnya kita pake linux dengan tidak pakai Swap sama sekali ???

Bisa aja, tergantung pola penggunaan anda. Ada system
linux-in-a-floppy yg biasa dipake utk router pake memory 16MB tanpa
harddisk (boro2 swap) pun sudah cukup. Tapi ada juga database server
yg RAMnya sudah 1 GB pake swap 2 GB pun mungkin masih bisa "kurang".

>   apakah harus SELALU pake swap ??

Pertama kita perlu tau swap itu gunanya untuk apa, baru menentukan
kita butuh atau nggak, gitu kan. Kalo physical RAM udah (hampir)
penuh, vm systemnya kernel akan menggunakan swap utk mindahin isi RAM
yg jarang diakses sehingga RAM bisa dipake lagi utk yg lain
(algorithmnya ada macam2, tergantung vm systemnya).

Nah, seakan2 kita bisa punya system yg memorynya sebesar physical RAM
ditambah swap, kalo RAM 256 MB ditambah swap 20 GB berarti memory kita
bisa 20GB+256MB dong? Tapi ini nggak practical soalnya access time dari
hard disk (hitungan puluhan milisecond) masih jauh di bawah access
time dari RAM (hitungan nanosecond), jadi walaupun besar tapi lambat.

Taunya kita butuh swap apa nggak ya caranya ya dilihat pola
penggunaannya, aplikasi2 yg akan dijalankan itu nantinya akan makan
memory brp MB totalnya kalo semua jalan bareng? Kalo nggak cukup, ya
perlu tambah RAM, bukan swap! Karena kalo mengandalkan swap nanti
performancenya akan turun. Swap di sini dipake utk emergency aja, kalo
sampe worst case RAM-nya penuh dia masih ada space. Biasanya
dianjurkan 2x RAM supaya cukup utk memindahkan seluruh isi RAM bolak
balik.

Ronny