On 20-Jun-2002, Romie Djapri wrote:
> Yang membingungkan adalah:
> 1. Bagaimana proses authentikasi ini berlangsung?
>    (Maksudnya antar SMTP server <--> SMTP Server atau
>    Client <--> SMTP Server)
>
> 2. Bagaimana caranya SMTP daemon dapat mengenal proses authentikasi ini
>    berasal dari mana? Maksudnya berasal dari SMTP Server atau dari client.
>    Kan jalur SMTP menggunakan port yg sama.

Setahu saya tidak ada koneksi server->server, yg ada hanya
client->server. Jenis clientnya yg bisa lebih dari satu, bisa MUA yg
punya smtp client bisa MTA, tapi waktu konek ke SMTP server dia akan
selalu jadi client.

Sorry belum bisa menjawab pertanyaan anda, saya ngerti pertanyaan
anda, tapi saya belum pernah pake SMTP auth :)

Ronny