On Monday 01 July 2002 19:42, Andy wrote:

> kalo boleh tahu alasannya kenapa pak? kalau disatukan bisa menghemat pipa?
> kayak di bbrp warnet aku lihat instalasi kabel mereka disatuin ama kabel
> powersupply, atau karena jaraknya jauh?

Interferensi.
Sinyal yang sampai di komputer lawan udah kecampuran sama sinyalnya kabel
listrik.

Mau contoh?
Coba deh, tarik kabel kira-kira 100 meter, sejajar dengan kabel tegangan
menengah PLN, dengan jarak kira-kira 1-2 meter.
Kabel dibiarkan terbuka, alias tidak dikoneksikan ke mana-mana.
Logikanya, tidak ada tegangan dari mana-mana yang masuk.
Nah, sekarang, silakan coba pegang kabelnya, kalau berani :-)

Adi Nugroho