On Sat, Sep 28, 2002 at 01:25:09PM -0700, Admin-Stress wrote:
> Kalau misalkan pasang antivirus di MTA, tentu akan menghemat biaya, dan
> pekerjaan, karena ndak perlu beli dan pasang antivirus di tiap workstation
> user.

itu masalahnya. justru kalau antivirus diinstall di tiap-tiap
komputer jadi tidak efektif. perlu 1 dedicated mesin, bahkan kalau
perlu diletakkan di disket atau CD. soal harga, antivirus yang di
pasang di MTA kan lebih mahal dibanding yang lisensi untuk
pemakaian personal misalnya.

baru-baru ini kan ada wabah klez. sebenarnya itu membuktikan
kalau antivirus di mta tidak sepenuhnya bagus. virus (worm)
menggunakan fake envelope sender, kirim ke mta berantivirus,
dibounce ke whatever envelope sender yang dipakai. jatuh-jatuhnya,
sender yang nggak ngerti apa-apa tahu-tahu dapat warning begitu
jadi takut dan mengira komputernya bervirus -> mengkontak tech-
support dst..dst.. jatuh-jatuhnya kan memindahkan masalah ke
tempat lain. contohnya, sampai sekarang setiap harinya mailserver
saya menolak ribuan 'junk' notification macam begini. ini kan
buang-buang bandwidth dst..dst.. walaupun tergantung bagaimana
cara kita memandang. namanya juga 'networking', saya lebih
suka solusi yang global dari pada sepotong-sepotong (baca: nanggung).

> Cuma ya itu sayangnya, belum nemu antivirus di MTA yang bagus dan gratisan.
> Di linux juga belum ada, openantivirus terlalu ketinggalan signaturenya.

nah .. ini opini saya yang lain lagi :-) kalau serius cari barang
gratisan, sekedar cari antivirus gratis itu nanggung.
sekalian saja cari OS gratisan, cari mailer (MUA) gratisan, MTA
gratisan, proxy gratisan, program office gratisan dst.. itu kalau
memang cari solusi yang lebih murah. point saya: cari antivirus
gratis yang bisa dipasang di MTA untuk alasan cost efficiency/
effectiveness itu absurd (baca: nanggung).

kalau kebutuhan ini di-drive oleh management saya kagak heran.
all management s*ck, all managemeng id*ot. they always thinking.
never stop thinking. bisanya memang segitu doang. NATO.
itu fakta :-)))

Salam,

P.Y. Adi Prasaja