Rudy Pringadi writes:

> Dear all,
> apakah benar aplikasi BIND itu banyak holenya ????
> seperti dalam dokumen lifewithqmail yang disarankan menggunakan djbdns ????

Berdasarkan history memang BIND punya banyak bug/vulnerabilities.
Coba liat informasi serta matriks vulnerability di
http://www.isc.org/products/BIND/.
Penggunaan BIND dengan versi terbaru (patch thdp bug2 pd versi sblmnya),
menggunakan user non-root, serta chroot environment sudah relatif aman kok
utk menjalankan BIND.
Banyak docs & tutorial ttg keamanan BIND ini di inet, silakan di-cek aja
mas.

> dalam traffic graph saya melihat DNS server saya berusaha menghubungi semua
> name server yang ada dalam daftar di file root.cache secara berkala , apakah
> ini normal ????

Relatif normal jika melakukan koneksi pada port 53, ini untuk melakukan
proses cek cache, atau resolution, resolving jika ada query dr jaringan
anda.

Iwan Setiawan