saya pake box RH 7.3 dengan apache dan php
> [...]

di box yang mo access oracle kamu install oracle client, kalau mesinnya sama OS-nya
bisa kamu copy direktori2 :

lib  network  rdbms    sqlplus
bin         ocommon  oracore  otrace  plsql

secara manual

trus di set TNS-nya di network/admin/tnsnames.ora semacam ini

MY_ORACLE =
          (DESCRIPTION=
              (ADDRESS=
                (PROTOCOL = tcp)