On Wednesday 18 December 2002 11:30, you wrote:
> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Saya ingin tahu pendapat rekan2 yg sudah lama berkutat di Internet,
> bagaimana sebenernya "kondisi" Internet di Indonesia?
>
> Kl dilihat "jatuhnya" M-Web; salah satu ISP besar, kayaknya prospek
> Internet di Indonesia semakin memburuk. Saya nggak tahu apa benar pandangan
> saya ini.

sepertinya begitu...tapi jatuhnya Mweb karena mweb terlalu besar ber investasi
di isp, tanpa melihat kondisi perekonomian.

> Setelah booming Internet beberapa tahun lalu, tampaknya Internet di
> Indonesia semakin terpuruk. Apakah ini berkaitan jg dg perekonomian
> Indonesia yg jg terpuruk atau lebih kepada karena kualitas jaringan di
> Indonesia yg "buruk", atau ada hal lainnya?

soalnya sewa jaringan dan telp di indonsia masih mahal, jadi belum terjangkau
oleh masarakat. kalau sekiranya isp dan telkom bisa cost efektif, mungkin
jaringan internet bisa terjangkau.

cost efektif disini misalnya, penggunaan software opensource seperti linux,
freebsd.

jaringan internet untuk dunia pendidikan seharusnya lebih diutamakan, misalnya
ke sekolah, perguruan tinggi. kalau perlu ISP memberikan diskon.
di luar negeri dunia pendidikan menjadi basis utama pengembangan ilmu
pengetahuan dan menjadi pusat pengembangan internet.

KN