Kalau menurut saya sih, coba dihitung biasanya kerja sejam dibayar berapa ( atau tentukan sendiri ;-) )...trus hitung biaya transport+akomodasi ( seperti makan en penginapan, kalau diluar kota )....en terakhir tambahkan fee untuk jasa kita. Dan yang biasanya dilupakan....biaya maintanance ( bener nggak tulisannya ... ;-) )....dan biaya konsultasi ( kalau dirasa perlu )...

Ini sih menurut saya .....buat teman-teman yang konsultan IT pasti tahu deh.....bagi-bagi dong cara hitungnya yang benar itu gimana siapa tahu bisa dijadiin standard .

D.C