On Tue, Dec 24, 2002 at 08:58:01AM +0700, Nongky wrote:
> Aku ada masalah nich,.. Aku punya mail server pake postfix.
> Mail server ku diset sebagai relay buat user kami yang ada di cabang yang
> mengunakan dial-up telkomnet (IP 61.5.x.x)

server yang di 'pusat' menggunakan subnet berapa? anda tidak perlu
mengetahui subnet telkomnet untuk ini.

main.cf:

mynetworks = 127.0.0.1/32 65.7.2.1/29
smtpd_sasl_auth_enable = yes
smtpd_recipient_restrictions =
   permit_mynetworks
   permit_sasl_authenticated
   reject_unauth_destination

> Untuk subnet mask ip dial-up Telkomnet instant berapa ya? aku udah tau sich
> range ipnya antara 61.5.0.0 sampai 61.5.127.255, tapi subnet masknya ga

boleh tahu, untuk apa anda ingin mengetahui subnet telkomnet?

Salam,

P.Y. Adi Prasaja