On Sun, Jan 05, 2003 at 00:01:01AM +0700, Dapid Candra wrote:
> Yang defer berarti baru saja keluar antrian active karena mendapat
> reponse 4XX dari server tujuan, dan akan diproses oleh qmgr kembali
> untuk dimasukkan ke antrian kembali. deferred artinya baru saja
> keluar antrian karena mendapat respons 5XX dari server tujuan dan
> akan di proses oleh bounce untuk dikirim balik ke pengirim atau ke
> mailer-daemon.

fatal error, langsung dibounce, artinya akan ada message baru (bounce
message) yang masuk ke queue seperti message biasa (message dengan
response 5xx, exit code dari program yang 'kategori' fatal dll).
directory deferred, dipakai untuk menampung pengiriman yang gagal,
tetapi postfix harus retry (dapat 4xx misal, atau connection refused
dll).  sedang directory defer, dipakai untuk mencatat pesan
rejection/gagal.

misal message dengan id CD0FB797B gagal, anda tengok dengan mailq,
kemudian anda cari file dengan nama CD0FB797B di directory defer,
anda baca isinya.

tidak dianjurkan untuk menghapus queue manual, berikut perintah
'postsuper -d ALL' (note: harus huruf besar semua 'ALL' coba pakai
'all' kan tidak bisa, itu ada maksudnya).

dari maillog penanya, saya tidak bisa melihat adanya aktifitas
bombing. tetapi, kalau yang dimaksud/diinginkan adalah semacam
rate-limiter di postfix, walaupun pengertian rate-limiter itu sendiri
bisa kemana-mana), yang jelas postfix tidak support rate-limiter
dalam bentuk apa pun.

kalau problemnya undeliverable bounces akibat mail yang dikirim ke
non-exist user, aktifkan $local_recipient_maps.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja