INi aku ambil dr milis sebelah,
krn kebetulan aku pake Astinet Juga...
smoga bermanfaat....

-erwin-

Subject: [ASTINET] Pemberitahuan gangguan layanan astinet

dh,

Memang saat ini layanan astinet ini mengalami gangguan dan itu termasuk
dalam no tiket ggn 0125.002. Ggn ini disebabkan router multi gateway kami di
hongkong terserang virus yang menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut,
oleh karena itu saat ini sedang dialihkan routing utk MGW HK ke GW SM
jakarta
yang mengakibatkan browsing tersa lambat karena menumpuknya traffik pada GW
tersebut.

Utk penanganan MGW HK yang terkena virus saat ini kami hanya bisa menunggu
perbaikan yang dilakukan oleh pihak terkait.

Demikian kami informasikan, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kami
berusaha semaksimal mungkin menangani masalah ini.

Kronologis

22/1/03 11:00

Koneksi DB-EMM ke Gateway cibinong down.

Gangguan dikarenakan Gigabit ethernet 5/0 tidak mengenal

cdp ke Catalyst EMM-02B. Catalyst tersebut menghubungkan

MAN ke Catalyst Cibinong. Akibatnya koneksi ke Internet terputus total.
Gangguan solve beberapa menit kemudian setelah shut no shut koneksi berjalan
normal. Saat itu belum di ketahui penyebabnya, karena hampir bersamaan
router Management CE juga tidak bisa di telnet.

22/1/03 11:30

MCE isolated. MCE adalah router untuk memanaged

router-router HPBB untuk fungsi-fungsi IC, TACACS, RADIUS

dll. Untuk saat itu router HPBB tidak dapat di telnet

kecuali dari backdoor via DB-PEER.

Gangguan solve setelah dilakukan replacing module Fast E

di MCE. Pada saat itu belum diketahui penyebabnya.

22/0/03 12:00

Internet GW3 Cibinong down.

BGP flapping dan prefix yang di terima kecil

BGP Telkom terkena penalty. Ping ke router Colo UUNET loss

45 %. Router Colo UUNET isolated.

22/1/03 12:15

Ketika akan dilakukan pemindahan traffic ke Gateway1,

ternyata GW1 hanya menerima 5000-an prefix.

Menhubungi koord Router, yang kemudian menelpon pihak

Cibinong untuk memeriksa kondisi Satelit.

Dari layer 1 terlihat EB/No bagus

22/1/03 14:00

Mendapat info kalau Semarang tidak bisa ke internet. per meghantara DTMX
tidak dapat meroute traffic. LIhat log di MRTG terlihat bahwa DTMX menerima
booming paket sekitar 120 M. Reset DTMX.

Mendapat info bahwa terdapat booming paket di internet (

per CNN.com dikarenakan virus Worm SQL untuk product

Microsoft Windows 2000), yang menyebabakan Core Hongkong

ATM down.

22/1/03 20:00

DB-EMM Hanging dan tidak bisa meroute paket, ospf not

running.

reset ospf proc dan red, not solve.

Menemukan paket di Giga5/0 sebesar 170 M input dan output. Traffic berasal
dari Catalyst SLIPI-02 dan terus mengalir sampai ke router Gateway1 dan 3.
Menemukan beberapa pelanggan colo mengirim bom paket :

- f0/10 : UPLATDA mengirim paket sebesar 80 M

- f0/15 : Probis B2B mengirim paket sebesat 95 M

- f0/32 : Ciptamulia praja mengirim paket sebesar 4 M

- f0/12 : Infoindo Directory mengirim paket sebesar 10 M

- f0/13 : Bhinneka Mentari Dimensi mengirim paket sebesar

8 M

Note : paket tersebut mengalir sampai ke Gateway yang

berarti destinationnya bukan di network Telkom.

Karena paket tersebut cenderung bertambah, maka interface tersebut kami
shutdown.

23/1/03 07:00

Gateway 1 sudah agak normal sehingga dapat dilewatkan

traffic. Traffic downstream di gateway3 dipindahkan ke

gateway 1. Traffic upstream balance. GW3 loss 27 %

monitoring

Memindahkan koneksi BGP fullpath di DB Peer dari Gw3 ke

GW1

Kondisi sekarang GW3 shutdowned

Traffic via GW1.

DTMX masih menerima booming paket sehingga sering terjadi hanging Tidak ada
lagi traffic booming dari colocation SLIPI Fungsi-fungsi TACACS, Radius, CIC
sudah jalan Helpdesk masih belum bisa ke MCE sampai di nyatkaan stabil

Kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi

Corporate Customer Care --- 7x24 hour
PT. Telkom - Divisi Multimedia
Direct : 021-3162500 (hunting)
Free Call : 0800-11-99999 (pin 835566)
Internal : 021-3160500 ext 415/201
SMS : 0812-8282-925
Fax : 021-31907200
Email : [EMAIL PROTECTED] <mailto:[EMAIL PROTECTED]>