> Hari ini mail server saya men-queue berton-ton messages.
> saya udah coba reload qmailnya, tapi queuenya tidak ke
> flush dan semakin bertambah.

itu queue local ato remote ?
apa kata log ?

kalau local dicari penyebabnya, permission ato yg lainnya.

kalau remote kemana aja ?
jangan2 mail server anda openrelay, atau ulah worm/virus di komputer client anda.

kalau open relay, ditutup dulu, dan queue-nya didelete,
kalau worm/virus sebaiknya dibenerin dulu, dan mail servernya dipasang virus-scanner,
trus queue-nya didelete juga

kalau itu trafik normal, apa anda memakai smtproutes ke smtp lain ?
jika ya coba cek secara manual smtp tsb, bisa konek gak ? dgn telnet smtp tsb bisa
terima email dari anda nggak ?

jika anda tidak memakai smtproutes/smtp relay, cek apa domain yg dituju smtp-nya dapat
dikonek ?

jika ternyata semua baik2 saja lakukan pemaksaan pengiriman qmail,

sebelumnya pastikan qmail-tcpto gak ada masalah.
kemudian kill -ALRM qmail-send

kira2 begitu
tapi dugaan saya sih kalau nggak openrelay ya virus/worm

cheers
*yg ga jago linux*