On 14-Jun-2003, zulfira wrote:
> Saya ingin menginstall Oracle di RedHat 9.0 saya,
> Oracle versi/release berapa ya, yang bisa/prosedur instalasinya paling
> gampang untuk RedHat 9.0 ? .

Kalo yg dimaksud adalah Oracle Database, maka:
Kalo mau yg 8i pake yg latest aja 8.1.7. Kalo nggak ya pake 9i aja,
terakhir kalo gak salah 9.0.3.1 (release 2).

> saya udah coba Oracle 8.1.5, tetapi tidak berhasil. saat instalasi
> sampai tahap mau copykan file (setelah menentukan directory source,
> destination dll ), muncul pesan bahwa space hardisk tidak mencukupi...
> padahal free space HD masih > 20 GB.

Sebetulnya free space itu kan property dari partisi (tepatnya
filesystem), bukan keseluruhan hard disk. Walaupun hard disknya 20 GB
kalo hanya ada 1 partisi/filesystem dengan ukuran 2 GB dg free space
500 MB ya yg 18 GB-nya nggak masuk itungan karena belum ada
filesystemnya, maka free space effective cuma 500 MB.

Coba lihat 'df -h'.

Oracle menyediakan installation instructions yg jelas, lengkap dan
cukup mudah diikuti (step-by-step).

Ronny