Mohon maaf kalo case ini udah pernah dibahas sebelumnya.
Dikantorku koneksi internet masih pake dial-up dan  aku share koneksi internetnya pake
SMC Router.
Masalahnya adalah setiap ada user LAN yang ingin kirim/terima email ke/dari internet,
administrator harus melakukan dial-up dulu dan begitu seterusnya.

Next, aku ingin menerapkan mail server yang selain berfungsi untuk  MTA intranet juga
berfungsi sebagai "penampung" bagi email yang akan keluar/masuk ke/dari internet. Dan
email2 yang terpending di "penampungan" tersebut akan di send/receive oleh mail server
ketika dialup dilakukan.

Sesuai dengan artikel Pak Onno yang saya baca, MTA menggunakan postfix dan
send/reiceive email2 ke/dari internet dilakukan oleh fetchmail.
Karena masih minimnya pengetahuan saya mengenai hal ini, mohon kiranya temen2 membantu
menjelaskan secara teknis bagaimana caranya agar scenario tersebut dapat saya
implementasikan.
Kondisi riil :
1. Koneksi internet : dialup
2. sebuah domain internet yang selama ini berfungsi untuk pop3 email saat dialup
3. Sudah ada LAN dengan IP Private 192.168.0.0
4. DNS lokal sudah running (mandrake) dengan nama arman.com (FQDN : server.arman.com)

Hal2 yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apa persyaratan lain yang harus ada untuk mengimplementasikan scenario
tersebut...???
2. Bagaimana cara konfigurasi postfix (main.cf) dan fetchmail ???
Bagi temen2 yang juga punya kondisi yang sama tetapi sudah berhasil implementasi
scenario tersebut, mohon bantuannya, syukur2 dengan attachment contoh file
konfigurasinya yang tentunya mudah dipahami.

Distro yang akan digunakan rencananya adalah : mandrake atau redhat.

Terima kasih sebelumnya

regards
arman

Kirim email ke