On Wed, Jul 09, 2003 at 05:28:40PM -0700, hudoyo ambar wrote:
> Dear Milis,
> Saya minta bantuannya, database Mysql saya mengalami
> masalah, tidak bisa create database baru, sebelumnya
> lancar-lancar saja. Setelah aku cari permasalahannya
> ternyata spacenya sudah overlimit. Database berada
> pada /dev/hda9 tepatnya /var
>
> Yang menjadi pertanyaan bagaimana ya caranya untuk
> memindahkan semua database pada partisi yang lebih
> besar sebagai contoh /home

Shutdown dulu mysql server.

Buat file /etc/my.cnf

Untuk tujuan di atas minimal isinya sbb:

[mysqld]
datadir = /home/mysql

Contoh my.cnf yang lebih lengkap biasanya ada di /usr/share/mysql

Kemudian pindahkan data mysql anda:

cp -a /var/lib/mysql /home/

Sekarang start lagi mysql server, kalau /home memang punya banyak space kosong
harusnya masalah anda sudah teratasi.

nahl