On Tue, Jul 22, 2003 at 08:05:18PM -0400, Onno W. Purbo wrote:

> ada URL-nya?
>
> amavisd anti virus juga?
> perasaan saya coba amavis (bukan amavisd)
> tapi kaya butuh antivirus lagi ..

setiap mta butuh hook ke antivirus, entah itu disediakan oleh
vendor antivirus, atau dari pihak ketiga macam amavis(d).

bisa pakai amavisd-lite: http://www.qis.net/software/amavisd-lite/
(link ke amavisd-new ada di situ).

untuk antivirusnya bisa pakai: http://clamav.elektrapro.com

beberapa vendor antivirus komersial juga menyediakan lisensi gratis,
misalnya f-prot, hbdev (untuk pemakaian non-komersial, personal),
drweb (trial license, tidak bisa untuk scan archive: zip, gz, dll).
bisa jadi ada yang lain yang memberi lisensi gratis.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja