mestinya d/l rpm yg buat rh8 aja sudah cukup,

intall-nya pake rpm -i --nodeps

cari tahu dgn
ldd /opt/ymessenger/bin/ymessenger.bin

apa aja yg ilang, mestinya kalau install rh9 standar bisa diatasi dgn :
ln -s /usr/lib/libcrypto.so /usr/lib/libcrypto.so.2
ln -s /usr/lib/libgtkhtml-1.1.so.3.0.4 /usr/lib/libgtkhtml-1.1.so.20

kalau installnya udah nggak standar, ya sesuaikan dgn library yg ada di sistem anda

cheers