> tapi seingat saya oracle secara built-in sudah ada fungsi clustering.

siapa bilang built-in... itu software tambahan, namanya Oracle RAC (Real
Application Cluster).
harganya... wuih... lihat saja sendiri di http://oraclestore.oracle.com

lebih murah solusi cluster pakai www.SteelEye.com
soalnya dulu saya pernah explore software ini (versi linuxnya).
sayangnya disini belon ada yg pakai.

> yg dimaksudkan clustering yg gimana ?
> kalau hanya sekedar 1 database disimpen pada disk yg berlainan rasanya
udah built-in

cluster itu idealnya minimum ada dua server dan satu shared storage
(SAN/NAS).
datanya ditaruh di shared storage, engine db-nya di server tsb.
dua server itu diset utk load-balancing dan high-availability
(active-active) atau satu primary - satu backup (active-standby).
jadi kalau satu server mati, transaksi dipindahkan ke server yg masih hidup.
kira-kira penjelasan yg sederhana kayak gituh.

CMIIW