Hai Anwar:

Anwar Purnomo wrote:

Maaf Jika ini newbie banget .. karena saya nggak tahu harus gimana ngerjakannya (hanya nurut Guidenya Saja)..
1. Jika sudah install MailScanner apa perlu install Amavisd lagi ?

Tidak. smtp service di take over sama Mailscanner, jadi nggak perlu amavisd lagi.

2. Untuk melakukan filtering configurasi postfix mana yg perlu di rubah ?

master.cf dan main.cf, pastikan sesuai dengan panduannya.

Saya telah merubah settingan dg :
mengcopy konfigurasi files postfix untuk incoming :
/etc/postfix ---> /etc/postfix.in , kemudian saya rubah file /etc/postfix.in/main.cf
saya tambahi --> defer_transports = smtp local virtual relay
saya rubah -->mail_spool_directory = /var/spool/mail menjadi mail_spool_spool_directory = /var/spool/postfix.in
kemudian saya copy spool directory /var/spool/postfix ----> /var/spool/postfix.in
dan di /etc/postfix/master.cf untuk : smtp inet - y - - smtpd --> saya tambahin comment (#) di depannya

postfix harus di restart (bukan reload). Pake command postfix stop, kemudian postfix start.

Untuk MailScanner sendiri di konfigurasi file MailScanner.conf saya rubah settingannya :
Run As User = postfix
Run As Group = postfix
Incoming Queue Dir = /var/spool/postfix.in/deferred
Outgoing Queue Dir = /var/spool/postfix/incoming
MTA = postfix
Untuk /etc/sysconfig/MailScanner saya set :
MTA = postfix
Directory incoming dan quarantine di MailScanner saya rubah ownernya menjadi user dan group postfix
3. Dan log mana yg harus di lihat : pake' perintah apa yah ..... :-( Atas bantuannya makasih .... maaf jika bertele -tele ....

/var/log/maillog biasanya, kecuali di /etc/syslog.conf diset lain.

Check lagi apakah mailscannernya sudah jalan dan listening di port 25. Kemungkinannya postfix belum di restart dan mailscanner tidak bisa bind ke port 25. Check /var/log/messages.

Salam dari yg ingin migrasi ke Linux :-)

Salam juga... nggak mau bagi - bagi rejeki nih? Banyak expert di sini yang bisa membantu :)

--
 dapidc