On Friday 25 July 2003 12:04, Arief Yudhawarman wrote:
> Hai milisers,
> Setelah coba-coba configure cisco, saya jadi agak susah membedakan
> konsep ini: NAT (Network Address Translation) dan PAT (Port Address
> Translation). Lalu apa bedanya dengan IP MASQUERADE di linux ?
> Apakah IP Masq linux itu masuk NAT atau PAT ? Misalkan jika ip masq
> adalah nat lalu untuk pat-nya pakai apa di linux ? Dan misalkan
> jika ip masq adalah pat, untuk nat-nya pakai apa di linux ?

ada PAT juga ya ?
kalau NAT misalnya saya dari LAN dgn IP private yg terbaca oleh webserver
internet adalah ip public saya.

lalu kalau PAT berarti dianggap dari satu port yang sama ?
mungkin bisa diberitahu seperti apakah PAT itu, saya agak bingung dan baru
kali ini mendengar istilah PAT itu (:

Regards,
Rio Martin.
--
Any sufficiently advanced bug is indistinguishable from a feature.
                -- Rich Kulawiec