From: Mico Siahaan [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, July 31, 2003 5:57 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [linux-admin] Minta info DB

 Ya, setuju dari fitur PostgreSQL masih lebih baik dibandingkan MySQL. Fitur
yang belum ada di MySQL (versi stabil 4.0.14) misalnya: 1. View 2.
Stored-procedure dan trigger  Juga tipe data PostgreSQL lebih 'kaya'
dibandingkan MySQL.  Kalau dari segi performa, saya kurang tahu karena belum
pernah membandingkan
sendiri. Ada beberapa situs yang membandingkan antara keduanya (termasuk
situs MySQL) tapi nampaknya kurang 'adil' karena sering membandingkan antara
versi baru database yang satu dengan versi yang lama dari database yang lain
sehingga berat sebelah. Secara logika sih MySQL, bila menggunakan
non-transactional table, akan lebih cepat dibandingkan PostgreSQL.  Jadi
kalau memang membutuhkan misalnya fitur View dan Stored-Procedure
gunakan PostgtreSQL (saya kurang tahu apakah ada trigger di PostgreSQL).
Namun jika mengutamakan kecepatan maka gunakan MySQL dengan
non-transactional table.   Kami sendiri lebih sering menggunakan MySQL
karena sudah terbiasa dan MySQL
ada commercial lisence-nya jika ada klien yang menuntut support lebih :)
Lagipula sejak MySQL 4.0 secara default sudah mendukung transactional-table
dengan jenis tabel InnoDB yang sepanjang pengalaman kami sampai saat ini
bekerja dengan baik.  Patut juga dicoba database lain: 1. Firebird 2. SAP DB
Mico Siahaan -------------------------- [EMAIL PROTECTED] Mobile ph.
08179997828   -------Original Message-------   From: [EMAIL PROTECTED]