> Dari semua jawaban yang masuk, solusi yang diberikan menggunakan wine atau
> menggunakan Lotus for Linux. Namun itu semua belum menjadi solusi migrasi
> total untuk client yang ingin menghemat biaya, yang jadi pertanyaan saya,
> bagaimana bila selama ini user menggunakan Lotus versi GPL (Glodok Piracy
> License) alias bajakan, atau mereka memang menggunakan yang asli namun gak
> kuat untuk memabayar license jika mereka ingin menambah user.
> Nah mereka ini ingin beralih total ke Linux, apakah ada alternatif lain
> pengganti Lotus, namun data2 user yang sudah terdaftar tsb masih bisa di
> [...]

coba saja Kolab (www.kolab.org) jika ingin memanfaatkan collaboration.

kalau menggunakan domino utk email saja... sangat percuma!
saya pernah tanya reseller domino, mereka juga tdk menyarankan menggunakan
domino jika hanya utk email saja.
kekuatan domino adalah di engine workflow, collaboration dan document
management.
exchange saja belum bisa menyamai kekuatan domino.
lagian... harga lisensi domino itu selangit!

jadi, kalau user sudah kadung pakai domino yg non lisensi dan hanya
menggunakan utk email saja.
gunakan saja software spt sendmail, postfix atau qmail yg gratisan... atau
CGP (spt yg saya pakai... he..he..he..)
user2 di domino bisa diekspor dalam bentuk text file (kalau tidak salah :D).
tetapi kalau mailbox user, jelas tidak bisa. (atau mungkin bisa... saya
kurang tahu yg ini).

mendingan create ulang saja user2nya di server baru.