switch tidak akan mengurangi broadcast, karena switch meneruskan broadcast,
switch hanya untuk mengurangi collision karena nggak shared media.

penggunaan subnet juga tidak akan membantu jika tidak dibantu dgn segmenting via
router atau vlan switch (subnetting tanpa vlan justru menambah jumlah broadcast pada
switch).

untuk solusi yg tidak kerja bakti mengubah konfigurasi di tiap komputer rasanya tidak
ada, kecuali client anda menggunakan os windows dan menggunakan dhcp server windows.
jika kasusnya spt itu dhcp parameternya ditambahi mode netbiosnya jadi p-node
(menggunakan wins) bukan defaultnya b-node (broadcast).

jika client-nya windows dan tidak menggunakan dhcp maka musti edit registry tiap
client untuk pakai p-node.

kalau client-nya linux maka musti edit smb.conf di tiap client agar menggunakan wins
dan ada 1 yg difungsikan sbg wins server.

begitu kira2, cmiiw

cheers