> solusi yang mana? bukannya sudah dijelaskan squid tidak mengurusi masalah
> pop3 dlsb, coba cek lagi iptables/ipchains rule anda

Maksud saya, mungkin ada yang bisa sarankan saya harus pakai apa lagi?
Jadi mungkin squid + xxxx (software lain???) agar bisa diblok akses email
sesuai dengan jam2 tertentu.

> btw, email anda 141 kb _hanya_ satu baris yang berguna, coba kalau anda
> menyempatkan diri menghapus quote2 yang tidak perlu,

Maaf bung Asfihani, kalau ternyata email saya tidak saya hapus baris2
sebelumnya, karena saya pikir bisa untuk rekan2 lain baca agar tahu
permasalahan sebelumnya.
Terima kasih atas kritiknya.

Salam juga