Wahyu Wijanarko wrote:

Pake SAN/NAS dg shared storage yg dibackup dg RAID mirror, jadi gak perlu repot2 cloning manually. Backup juga jadi lebih mudah, tinggal dr satu tempat aja.

Ronny

Kalo RAID sih dah sejak dulu...
Maksudnya ya semaca RAID tapi remote, ada caranya gak?
Masalahnya bikin mirror secara remote itu tujuannya misal ada h/w failure (misal ada yang perlu diganti/kecelakaan), tinggal colokin ke server yang satunya, sementara yang satunya diperbaiki.

*maksud saya sih gitu*

Makanya saya bilang pake SAN/NAS dg shared storage yg menggunakan RAID. Jadi RAID itu cuma sebagian kecil dr point saya, point yg lebih besar itu SAN dan shared storage. Kalo anda pake SAN/NAS, gak usah repot2 mikirin remote lagi kecuali mau offsite backup, itu pun jadi jauh lebih mudah soalnya udah pake shared storage jadi tinggal backup dr satu tempat aja gak usah per server lagi.

Ronny