debian3r0 kernel 2.4.18 dengan Qmail

inginnya memindahkan direktori /var/spool/mail ke partisi lain yang lebih
besar. saya menggunakan perintah
        mount -t ext3 /dev/hda2 /var/spool/mail

dimana /var/spool/mail lama di hda1. saya merasa ini ada kekurangannya.
sebaiknya gimana yah?

Karena sudah saya jalankan, saya cek ketika pengguna biasa membuka
inboxnya lama banget, dan saya lihat akses direktori berubah, menjadi
root.root. memang bisa kalo diubah ke username.mail (/var/mail) atau
root.root (/var/spool/mail), tapi harus satu-2:-(,
dan saya lihat di server tetangga;-P,hak akses di /var/mail adalah
drwxrwsr-x. s==setuid? bagaimana yah rumusnya membuat hak akses setuid
ituh...? dan nantinya di /etc/fstab memakai resep apa agar sistem
berjalan normal kembali..

TIA