On Sel, 2003-08-26 at 07:39, Linkpod-Indosat Mks wrote:

> Coba kamu jalanin perintah: dig ftserver.ft.uajm.ac.id
> Errornya apa yg muncul.
>
> #dig ftserver.ft.uajm.ac.id
> errornya :
> ; <<>> DiG 9.1.3 <<>> ftserver.ft.uajm.ac.id
> ;; Global options: printcmd
> ;; Connection timed out; no servers could be reach
>
> BTW, saya dig-nya dari mesin dns server itu sendiri yang mana saya mau
> resolve nama host mesin dns server (diri sendiri)

perintah dig akan menggunakan isian /etc/resolv.conf untuk query ke ROOT
server

sepertinya anda bingung konsep DNS, teknisnya lebih mudah jika anda
mengerti konsepnya

1. ip 192.168.1.5 mengaku sebagai DNS authoritative ft.uajm.ac.id
   - bagaimana workstation satu lan tahu bahwa domain ft.uajm.ac.id
     dihandle di mesin 192.168.1.5?
     isi resolv.conf workstation seperti ini:
        search ft.uajm.ac.id
        nameserver 192.168.1.5

2. meskipun mesin 192.168.1.5 sudah mengaku sebagai DNS authoritative
domain ft.uajm.ac.id, mesin itu sendiri tidak akan bisa query domain
ft.uajm.ac.id sampai /etc/resolv.conf diisi sesuai dengan di atas

3. jika mesin 192.168.1.5 yang telah mengaku sebagai DNS authoritative
domain ft.uajm.ac.id tapi tidak ada delegasi dari DNS domain uajm.ac.id
maka mesin 192.168.1.5 sebagai DNS tidak akan dikenal di jaringan lain
yang bukan ft.uajm.ac.id, misal jaringan lainnya itu xxx.uajm.ac.id yang
beda lokasi tapi masih dalam jaringan/domain uajm.ac.id

--
Absence is to love what wind is to fire; it extinguishes the small, it
enkindles the great. -Comte DeBussy-Rabutin