On Friday 29 August 2003 20:47, Denni Pidono wrote:
> [...]

coba ikuti lagi petunjuk waktu instalasi qmail
berarti si qmailnya blom listening/blom up

once again, yang masalah bukan telnetnya

Telnet tuh ada 2 macam :
- Telnet Server => daemon yang listening di port 23, agar linuxbox bisa
ditelnet (remote login)

- Telnet Client => Aplikasi (command) telnetnya itu sendiri

Pada kasus di atas, anda telnet localhost 25, artinya mencoba telnet (CLIENT)
ke port 25 atau server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan BUKAN ke
telnet server, dimana apps yang listening di port tsb (port 25) dalam kasus
ini adalah qmail.
Kalau connection refuse, artinya si qmail blom running dan blom listening pada
port tersebut.

biar makin bingung:
coba liat apakah sudah ada yang listening di port 25 tersebut dengan command
netstat (walaupun pada kasus di atas udah jelas blom ada yang listening)

$ netstat -atun |grep LISTEN

--
A r j u n a
Find Love, I Must