Kalo saya lebih prefer restart ketika ada penggantian sebuah hardware.
Sebab pada saat restart, si kernel linux berusaha menginisialisasi /
mengenali perangakat yang terpasang.
Kalo perangkat yang terpasang dikenali, langsung deh didaftarin kedalam
systemnya tapi kalo nggak dikenalin (kayak kebanyakan winmodem) ya
selamat tinggal:) dan usernya yang harus nyari driver terhadap
peripheral tersebut.

Mungkin rekan2 lain yg lebih senior dilinux bisa menambahkan..

Regards
Andrean