On Tue, Sep 09, 2003 at 03:19:20PM +0700, abdu wrote:

> betul, itu bisa diinstall di satu pc yang dijadikan socks server.
> kalo usernya mau menggunakan di rumah2 tinggal pc dirumah user tsb (kalo
> dia pake windows microsoft) tinggal diinstall kan sockcap32, nanti si mail
> client di daftarkan di sockcap32/socks client
>
> si sockscap diarahkan ke socks server (bisa diset user & password juga port
> nya )
>
> silahkan baca-baca di http://www.socks.permeo.com/
> kalo saya pake socks5. selamat mencoba

Halo,

Apakah dengan menggunakan socks malah tidak membuka masalah yang lebih
kompleks? Misalnya begini, jika client anda menggunakan IP yang dinamik,
alangkah banyaknya entry (kecuali jika menggunakan userbased) di file
konfigurasi socks tsb. Selain itu, kelemahan menggunakan IP based adalah
jika client yang sudah auth tersebut digunakan sebagai NAT server, tentunya
client yang dibawah NAT tsb dengan bebas bisa menggunakan relay SMTP,
karena dianggap IP nya sama dengan server NAT.

Mungkin solusi (yang lebih mudah atau lebih ribet kali ya hehe), adalah
menggunakan SMTP AUTH. Jadi pada prisipnya jika suatu client sudah sukses
auth ke suatu server SMTP, maka diijinkan untuk merelay. Karena proses
autentikasi adalah berdasarkan username dan password yang dimasukkan, maka
dari IP manapun hal ini bisa dilakukan, dan tentunya tidak usah mensetup
socks server lagi, karena database username bisa menggunakan pam, ataupun
database virtual seperti vpopmail atau vmailmgr (qmail).

Kalau di qmail bisa digunakan patch qmail-smtpd-auth, atau SASL jika
menggunakan postfix. Sebenarnya bisa juga menggunakan pop before smtp,
misalnya paket relay-ctrl nya Bruce Guenter, tapi saya kurang sreg,
karena seleksi dilakukan berdasarkan IP.

Mungkin catatan usang saya tentang smtp-auth di qmail ini ada gunanya
atau mungkin sudah obselete hehe :

http://people.cakraweb.com/~asfik/writings/qmail-smtpd-auth.html

Comments/suggestions are welcome :)

Just my 2 rupiahs,