On Monday 22 September 2003 22:13, Onno W. Purbo wrote:
> Saya & Rio juga kayanya butuh yang sama
> untuk NoCat bukan ppp :) ..

Iya, kalau saya stressnya sudah hampir 2 bulan, kerjain billing gak selesai -
selesai (:
Saya pake Freeradius juga, dengan rencana MySQL sebagai accountingnya.

Dari tahap client authentication ke Radius sudah oke, tahap accountingnya saya
sama sekali blank, karena saya kurang begitu ngerti mengenai database, semoga
ada yang bisa bantu saya, terutama untuk accounting usersnya ke dalam MySQL,
dan juga proses countingnya (waktu akses).

Mengenai soal Googling, saya percaya kalau tidak mendapatkan dokumentasi yang
worth enough untuk implementasinya. Kalaupun ada biasanya disediakan oleh
Close Group dan harus bayar :(
Maklumlah, mungkin pemakaian Radius cenderung ke ISP, dengan duit dan modal
yang besar, sehingga para developernya melihat sangat baik jika bisa
diuangkan.

Kayaknya lebih baik jika user authentication tidak dengan PPP, sebab PPP itu
kalau ndak salah saya pernah baca, tidak bisa full speed dengan ethernet,
apalagi ethernet sekarang yang 100Mbps.

Solusinya ya satu dengan Nocat ataupun IPtables, dengan IPtables dia bisa buka
tutup NAT setelah authnya dicek.

Menurut saya yang lebih baik sih dengan Nocat, sebab dia authnya dengan HTTPS,
jadi di client tidak perlu install apa apa lagi. Cuma memanfaatkan browser
untuk authenticationnya.

Semoga membantu..
Mohon bantuannya untuk yang diatas tadi (MySQL Accounting), Trims ..

- Rio.Martin -