kalau hanya untuk melihat share apa saja yang tersedia rasanya bisa koq,
pake rpc* tools, misal portmap atau showmount.
tapi ya lebih simpel rpc dilinux dari pada di windows (IMHO). Samba aja
masih "sangat minim" bagi anda, apalagi nis&nfs. :)

> bagaimana cara melihat PC linux apa saja yang sedang up di
> dalam sebuah
> LAN?

ping ? atau pake portmap.
sorry ga ngasih complete example untuk commandline-nya, udah lupa-lupa-inget
:D.

> dan melihat folder apa saja yang dishare. Bagaimana dengan
> security-nya? kabarnya NIS lebih rentan daripada model DC. bagaimana
> dengan kerberos server? apakah bisa menggantikan NIS?

ehm, no koment. kerberos belom pernah saya coba.

salam,
ef

Disclaimer - This message and any attachments may contain privileged
information. Any unauthorised use of this message by any person may lead to
legal consequences. Any views expressed in this message are those of the
individual sender and may not necessarily reflect the views of PT Kaltim
Prima Coal.