saya pake clamav dari http://clamav.elektrapro.com/ cukup bagus
kok...virus-virus yang beredar langsung ketangkep di server....
memang masih kalah sama nav, mcafee, tapi yang opensource & freeware dan bisa
dipasang di server.

Teman2,

Antivirus apa aja yang bisa dipasang di server linux, terutama PDC dan
FileServer?

Tolong beri pendapat tentang kelebihan dan kekurangan masing2 antivirus
tersebut.

Pertanyaan saya tentang acces control list, kok ngga ada yang jawab ya?
Apa belum ada yang coba?
atau gak mau bagi2 ilmu nih ? ... hehe .. bercanda kok..

Tapi akhirnya saya ketemu juga solusi untuk acl tersebut, ternyata ada satu
langkah yang belum saya lakukan..  sepele sekali sebenarnya ..
Saya bagi deh, mudah2an bermanfaat buat yang lain ..

        1. download semua patches dan package yang sesuai dengan versi kernel linux
yang    dipakai di acl.bestbits.at
        versi terakhir kernel yang bisa di patch adalah kernel 2.4.22
        2. extract kernel di directory pilihan kita, masuk ke directory tsb lalu
pacth dengan    perintah zcat nama_patch.gz | patch -p1
        3. konfigurasi ulang kernel agar E2FS/E3FS mendukung acl (aktifkan dukungan
POSIX ACL)
        4. build dan install kernel baru seperti biasa lalu aktifkan di lilo.
        5. install paket attr dan acl.
        6. terakhir adalah mount ulang partisi ext2fs/ext3fs dengan option acl.

langkah terakhir yang ternyata terlupakan... sepele kan ? ... ;-)
bila langkah terakhir tidak dijalankan maka akan ada error message operation
not support.
ketika saya mencoba merubah permission dengan setfacl.

oyach, saya pernah tanya apa ada yang bisa patch langsung di kernel bawaan
distro seperti Mandrake. Ternyata memang sulit dan saya belum berhasil..
Lebih mudah bila pake kernel murni dari kernel.org.

Mungkin ada yang bertanya kenapa sih perlu pake acl segala ?

Acl ini menambah fleksibilitas dari user permission bits.
defaultnya permission bit itu terbagi jadi tiga yaitu user,grup,everyone.
dengan ACL, permission ini jadi lebih fleksibel mendekati system NTFS di
Windows.
sehingga satu file tidak hanya di miliki oleh 1 orang dan satu grup saja.

untuk lebih jelas bisa di baca di http://acl.bestbits.at/example.html
di situs ini ada contoh yang sangat jelas.

Sementara ini saya akan coba di server samba.
Bila ada perkembangan akan saya bagi lagi..

Salam.

Dhirham Suseno
IT Research and Development
PT OPTIK MELAWAI