anto sugi said:
> alo mas semuanya.. saya mau tanya ni mas.. gini mas. saya kan uda instal
> linux,, buat ngoprek,, nah rencana saya mau cuba seting iptables...nah
> yang mau saya tanyakan.. apakah perlu ip public lagi.. sedangkan di server
> warnet saya uda ada iptablesnya ,, ni aku rencana buat belajar gitu mas..

Gak harus pake Public IP kok, pake Private IP juga bisa.
Coba baca-baca lagi tentang TCP/IP di
http://www4.ulpgc.es/tutoriales/tcpip/pru/ atau baca buku Pak Onno tentang
TCP/IP :), harga bukunya murah tapi ilmunya mahal lho ;)

mungkin yang mas Anto pengen coba di warnet seperti ini :

Internet <-- (Public IP Warnet -NAT- Private IP) <--- (Private IP -NAT-
Private IP) <--- Private Network

bisa!

Sharren.
Kawanua Networks