On Tue, Oct 14, 2003 at 02:41:45PM +0700, Rinnaldy wrote:
> 5. di /etc/postfix/master.cf --> # smtp net n - n - - smptd
                                     ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
> Yang mau saya tanyakan kenapa begitu saya restart postfix dengan
> MailScanner yg sudah jalan , saya tidak bisa kirim email sama sekali ..
> Begitu saya rubah master.cf --> smtp net n - n - - smptd  , baru bisa
                                  ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
> kirim email lagi .., lalu dari mana saya tau bahwa MailScanner ini sudah
> jalan atau belum ? ,
Saya juga bingung, karena dari tulisan anda (perhatikan tanda ^^^, tidak
ada perbedaan, padahal menurut anda, hanya diubah di master.cf-nya. Saya
belum pernah make Mailscanner, hanya amavisd-new+clamav+f-prot. Saya jg
pemula di postfix, tapi apakah anda tidak salah dalam menuliskan baris
tsb? di postfix saya tertulis:
smtp      inet  n       -       n       -       -       smtpd

bukan "net" ttp inet
jd saya harap hanya salah anda tulis di milist ini. Btw, kalau ingin
melihat-2 pesan log secara jelas, coba set
smtp      inet  n       -       n       -       -       smtpd -v

dan "tail -f /var/log/syslog" , atau di mail.log (kalo di tempat saya masih tercatat
di syslog, tempat anda mungkin sedikit berbeda).

> saya coba lihat dgn ps -ax hasilnya sbb :
> 30308 ?        Z      0:00 [MailScanner <defunct>]
Tidak berfungsi? Coba lihat-2 di dolumen Mailscanner adakah cara untuk
mengetahui log-nya secara "verbose"?