On 2003.10.24_12:57:19_+0000, adi wrote:

> ini tidak ada hubungannya dengan directory hashing yang dilakukan
> vpopmail.

balasan saya adalah untuk statement Anda yang ini:

  "hmm.. kenapa di kepala saya selalu berpikiran kalau vpopmail
   menerapkan hash-nya DJB :-)"

> soal istilah, ok lah. saya ingin tahu kalau menurut anda yang disebut
> 'directory hashing' itu yang seperti apa? btw, nampaknya pembuat
> vpopmail menggunakan istilah yang sama dengan saya:
>
> http://www.inter7.com/vpopmail/vpopmail-new.html
>
>    Directory hashing

1. istilah yang Anda gunakan pertama kali bukan directory hashing,
   tapi hash berdasarkan user name.
2. saya telah menulis email kepada author vpopmail kbo@ mengenai
   hal ini, walaupun tidak mendapatkan balasan yang jelas tentang
   perubahan yang akan dilakukan, yang bersangkutan tidak memberi-
   kan jawaban yang negatif juga.

directory hashing, dapat diterangkan dengan lebih jelas dengan contoh:
~vpopmail/domains/your.domain/a/d/adi -> homedir untuk Maildir user adi
atau bahkan ~vpopmail/domains/your.domain/a/adi -> homedir adi
            ~vpopmail/domains/your.domain/l/lee -> homedir lee

teknik di atas menerapkan hashing sederhana untuk mencari informasi
di mana lokasi di mana homedir adi berada, misalnya akses ke fungsi yang
bersangkutan menggunakan argumen 'adi', maka akan mengembalikan string
'a/d', misalnya.

tentu saja banyak teknik hashing lainnya yang dapat dipergunakan, yang
gunanya mencari / mengakses data dengan lebih cepat. tidak harus dengan
dibagi berdasarkan huruf depan user.

teknik yang dipergunakan vpopmail untuk direktori akan membuat user
homedir di direktori 1 sebanyak x, lalu pindah ke direktori 2, create
user sebanyak x, lalu pindah ke direktori 3, dst. ada beberapa level
kedalaman user direktori yang akan dibuat.

tapi perhatikan bahwa tidak ada cara untuk mengakses kembali di
(sub)*direktori mana homedir user berada.

lalu bagaimana cara vpopmail mengakses fullpath di mana letak homedir
user? memakai teknik hash cdb dalam file vpasswd.cdb. perlu
diperhatikan, di mana pun lokasi homedir, tidak mempengaruhi akses data
ini, karena sekali data ini ditemukan dengan hash cdb, data homedir user
telah didapatkan. akses ke homedir user kemudian dapat terjadi secara
langsung.

bila (sub)*direktori di mana user homedir berada dapat diakses melalui
suatu cara, sehingga user 'lee' dapat langsung diketahui berada di '1'
(untuk contoh yang tidak mempergunakan huruf depan user), maka teknik
ini dapat dikatakan hashing. tapi kenyataan data ini tidak dapat diakses
kembali melalui kata kuncinya (username), hanya melalui vpasswd.cdb,
yang kenyataannya adalah hash dengan teknik cdb.

--
H. D. Lee