On Thu, Oct 30, 2003 at 03:15:01PM +0700, chang an wrote:
> Komputer saya install windows XP dan Redhat 9.0 biasanya waktu boot
> biasa-biasa aja. tapi kemarin pas  nyala komputer tiba-tiba muncul grub>
> biasanya ada pilihan grub dan dos (u/windows XP) kenapa ya bisa begitu terus
> kalau dari prompt grub> mau masuk ke system gimana ya caranya. Thank's
well, aku juga orgnya grusa-grusu, cara pertama ini yang dulu
kulakukan:-P~
Cara pertama: Gunakan CD instalasi anda untuk masuk ke Linux (sebagai
"rescue" lho, bukan instal lagi). Aku ndak familiar dengan cd Red Hat,
lihat-2 saja perintahnya untuk "meminta bantuan/help" pas muncul "boot:,
kalo bisa jangan mode grafis, pilih expert ato apalah (yah ini yang
kulihat di mandrake). Setelah bisa masuk ke linux dengan rescue tadi,
cek /boot/grub/menu.lst anda. Jika sudah benar/sesuai, ketik "update-grub". Coba
reboot lagi. Masih bingung soal grub, jalan-2lah ke /usr/share/doc/grub ato
/usr/share/doc/grub(kalo ada) bila sudah masuk lewat rescue tadi

Cara kedua: Lom pernah kucoba:-) Tapi coba saja:
grub>kernel --type=linux /boot/vmlinuz-2.4.18 root=/dev/hda1 ro

ini aku lihat di menu.lst ku lho:-) mungkin punya anda  berbeda

Coba-2 saja, ndak akan hilang kok linux anda:-) Saran saya sih coba cara
"rescue" dulu itu, karena pengalaman pribadi, karena sering grusa-grusu,
aku selalu membawa-2 cd slackware sebagai rescue nya, meski aku sering
pake Debian, karena slackware rescuenya bagus..;-). Untuk pake rescue,
distro apa saja bagus, yang penting kan bisa mount rootnya/partisi yang
lain, dan memperbaiki kesalahan yang ada. Ndak perlu uninstall:-P~