Assalamu'alaikum wr. wb.

On Fri, Jun 25, 2004 at 02:53:43PM +0700, Akbar wrote:
> Idealnya begitu. Tapi tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk
> mempelajari semua bahasa pemrograman. Butuh investasi waktu yang banyak.
> Yah, kalau cuma mempelajari sintanks sih, nggak butuh waktu banyak. Tapi
> konsepnya itu lho..... butuh waktu panjang. Dan yang membuat hidup
> programmer tambah rumit adalah programmer juga mesti mempelajari
> teknologi yang berhubungan dengan pemrograman tapi bukan bahasa
> pemrograman, seperti xml, web services, internasionalisasi, database,
> toolkit, mobile, embedded device dan lain-lain. Kalau dipikir2 mana
> sempat mempelajari semuanya......

Bagi seorang programmer belajar adalah suatu keharusan.  Begitu anda
berhenti belajar anda akan _habis_ karena bidang ini berkembang begitu
pesat.

Tentang masalah waktu, kan tidak harus dipelajari semuanya sekaligus.
Yang penting adalah strategy belajar. Jadi pertama yang dipelajari
adalah manfaat, kekuatan dan spesialiasi dari bahasa pemrograman .
Jadi ketahuilah sebanyak mungkin bahasa dalam faktor ini termasuk
sumber-sumber untuk mempelajarinya lebih lanjut. Jadi tidak harus
mendalam terlebih dahulu, dangkal saja tapi meluas. Biasanya ini bisa kita
lakukan dengan mengikuti jurnal-jurnal atau forum-forum programmer
seperti slashdot.org, lwn.net dsb. Nah dengan mengikuti perkembangan
teknologi  kita bisa mengetahui bahasa atau teknologi mana yang berharga
untuk dipelajari.

Setelah kita ketahui kegunaan dan spesialisasi teknology, tinggal kita
tunggu saja masalah yang datang. Kalau bisa diselesaikan dengan bahasa
tertentu yang kita belum kuasai maka itu saatnya kita belajar secara
mendalam.

Tentang masalah teknology saya pikir kita tidak harus menjadi ahli di
semua bidang. Lebih baik kita menjadi spesialis dalam satu bidang.
Akan tetapi kita harus tetap mengetahui (walau sedikit)
teknologi-teknologi yang ada, agar tidak kuper atau terlalu repot nanti
kalau-kalau harus banting setir :)

Yang terpenting adalah mengetahui apa sebenarnya teknologi tersebut.
Bukannya hype atau trend tapi inti sebenarnya. Misalnya XML itu adalah
format untuk data text. Web Service adalah RPC (Remote Programming
Call?) berbasis http. Internasionalisasi adalah teknik untuk mengganti
text tampilan program kedalam berbagai bahasa. Database adalah cara
penyimpanan dan pengambilan data secara terstruktur. Toolkit adalah
kumpulan procedure yang memudahkan pemrograman. Dan seterusnya.

Saya pikir kalau belajar sudah menjadi kebiasaan, akan menjadi lebih
mudah dari hari ke hari. Kan setiap teknologi baru itu biasanya
pengembangan dari teknologi yang sudah ada atau gabungan dari
teknik-teknik yang sudah ada sebelumnya.

Wassallam,

-- Zakaria
   [EMAIL PROTECTED]           Yahoo!: z4k4ri4
   http://zakaria.is-a-geek.org
   http://pemula.linux.or.id