On Sat, Oct 30, 2004 at 01:57:19PM +0700, Muhammad Rasyid wrote:
> Mohon maaf klo menyimpang dari topik, saya cuma ingin tahu klo qta mo
> mengembangkan portal yg ada blog dan atau wiki nya cari informasi nya
> dimana ya?!saya sudah berusaha lewat google cuma msh mengalami
> kesulitan (saya msh blm mengerti betul konsep blog/wiki itu sendiri,
> bukan seperti CMS gitu ya?). Berhubung anggota linux-aktivis banyak
> juga yg menggunakan blog dan wiki maka mungkin bisa menunjukan tempat
> yg memberikan info mengenai cara2 mengembangkan blog/wiki pada suatu
> portal.
Menurut sahibul hikayat, Blog berasal dari kata Weblog. Namun ada yang
yang mengatakan berasal dari Web Log, karena seperti log-nya Linux,
kejadian di suatu waktu akan dicatat. Well, Blog saat ini lebih mirip
sebagai sebuah "buku harian" atau jurnal.

Misal si A mendengar ada lomba situs favotir di Indonesia. Lalu di
lihatlah nominator-2 situs tersebut. Tapi si A merasa "ada
uneg-2/sesuatu yang mengganjal" karena ternyata nominator-2 tersebut tidak mengikuti
standar dari World Wide Web Consortium(www.w3c.org), tapi kok ya kepilih, sehingga
akhirnya setelah melakukan beberapa eksperimen, dia kemukakan di suatu web,
permasalahan-2 tersebut dalam bentuk Blog. Mungkin ada orang lain yang memiliki
pendapat mengenai eksperimen yang dilakukan si A. Ada ide yang muncul, dilontarkan
dalam sebuah blog, dan mungkin bila ada tanggapan, mungkin bisa memberi nilai tambah.

Wiki, diambil dari bahasa Hawaii yang berarti cepat. Bila kita memiliki
situs (pribadi), biasanya yang hanya bisa menulis halaman web atau
mengupload ke server hanyalah kita yang memiliki kekuasaan. Bila ada
orang lain yang ingin memberikan koreksi, maka harus menghubungi
pemiliknya, lalu pemiliknya mengubah/meng-upload pembaharuan isinya. Apalagi jika
orang lain ingin memberikan tambahan, dia harus kirimkan ke pemiliknya. Jika memakai
sistem Wiki, maka orang lain dapat berpartisipasi dengan cepat. Contoh wiki:
wikipedia.org, sebuah ensiklopedia online terbesar saat ini dengan kontributor yang
sangat banyak dari seluruh dunia; dan tentu saja, linux.or.id/wiki

Tentu saja Blog dan Wiki hanyalah sebuah sistem. Untuk dapat
menjalankannya, diperlukan aplikasinya, yang memiliki fitur yang
berbeda-2. Bila penulisan Blog masih berkutat ke HTML, aturan penulisan
Wiki berbeda antara aplikasi satu dengan yang lain.

CMS? wah aku kurang begitu tahu.... mungkin blog itu versi "light"nya
CMS?:-)

http://c2.com/cgi/wiki?WelcomeVisitors
http://www.opensourcecms.com/
--