<< This mail is certified virus free >>
***********-***********

On Thu, 2005-03-03 at 06:24 +0700, Rusmanto wrote:

> Saya juga menduga demikian, tapi tidak yakin karena belum menguji :)

Dimana bisa dilihat daftar perusahaan pengguna Open-Source ?
Apakah di IGOS ada ? Saya merasa yakin, perusahaan besar menggunakan
Open Source pada dapur-dapur server-nya. Tapi, data statistik yang
akurat tentunya tidak ada ... Ini keyakinan yang dilandasi karena saking
mahalnya lisensi yang perlu dibayar pada pembuat software yang banyak
kita kenal. Apalagi dengan program yang dicanangkan sekarang oleh M$,
bahwa upgrade perlu otentifikasi dari lisensi yang dipunyai. Nah loh ...
Ini kesempatan emas untuk open source.

Mas Rusmanto, bisa gak, ada 2 halaman khusus (tambahan) untuk survey
industri di InfoLinux ? Survey yang murah (tapi tentunya teruji
metodologinya) dapat saya dipublikasi menggunakan wahana Internet.
Survey tersebut berkisar dari pengenalan linux, kepahaman, penggunaan
pada bisnis perusahaan.

> Saya akan coba buat penawaran kerja sama pengembangan distro BlankOn,
> yg saat baru disupport oleh beberapa perusahaan
> tempat kerja para pengembang BlankOn sendiri :)
>
> Dulu di milis ini (kalau nggak salah Pak PIT di Malaysia)
> mengusulkan agar kita kontak dengan banyak perusahaan besar
> spt Pertamina, Telkom, Indosat, Garuda Indonesia, dll.
> yang menggunakan produk open source.

Nah, Telkom, rasanya untuk telkom.net mereka menggunakan Linux. Itupun
besar sekali (perkiraan saya loh) bandwidth-nya. Jadi, ini pastinya
linux yang telah mereka optimasi sendiri untuk penggunaan itu. Coba
tolong dikoreksi, bilamana salah.

Ada yang punya kenalan di Garuda, Indosat, ... ?
Saya dulu menerapkan/menggunakan Linux di PT DI, khususnya di bagian
sistem manufaktur-nya. Sayang sekali harus di PHK, jadi ... tidak tahu
sampai dimana pengerahan di perusahaan nasional itu.

Kalau ada yang mau mulai, saya punya kenalan dengan Bakrie Brothers.
Direkturnya adalah teman saya. Mungkin mas Rusmanto kalau mau berkunjung
ke Bakrie Brothers, nanti saya "kulonuwun" dulu. Bagaimana ... ?
Selanjutnya sampean ... mas.

> Apakah ada yang pernah mencobanya?
> Atau ada yg bisa bantu kontak-kontak ke perusahaan, atau mungkin
> ada kontak ke perusahaan anggota milis ini sendiri?
>
> Btw, tidak harus BlankOn, itu hanya contoh proyek open source
> yg sedang dikerjakan utk kepentingan bersama :)

Mas ... bagaimana dengan komunitas FreeBSD, atau turunan BSD di
Indonesia ? mereka juga Open Source loh ...