On Thu, 2 Feb 2006, Rusmanto wrote:

Yudhi Kusnanto wrote:

idealnya kita tanyakan pada percetakan seperti apa workflow mereka termasuk mesin-mesin yng dipake, template, dll. kalo bisa minta mereka bikin standar pengaturan (template) agar pengaturan kompi kita sesuai dgn sistem mereka. masalahnya susah sekali menggali info dari percetakan karena hal ini dianggap rahasia atau mereka tidak paham, lalu susah juga mengubah kebiasaan operator/editor/layouter untuk experimen dg hal yg baru. saya pernah punya pengalaman dalam hal ini.

Benar mas Yudhi, itu sudah kami lakukan dan berjalan baik.
Artinya, buku dilayout dg Scribus dan menghasilkan file PDF
sesuai kriteria percetakan.
Tapi, saya belum tahu apakah sudah ada percetakan yang
menggunakan Linux untuk menghasilkan film.
Jadi, pertanyaan bung Sampurna belum terjawab.

mungkin pak Rus atau yng lain bisa menjelaskan bagaimana sesungguhnya proses pembuatan filem itu dan dimana peran Linux. yg saya tahu ada satu printer yng mampu mencetak paper plate langsung dari pc dan printer ini menggunakan postscript, jadi tidak perlu bikin filem dulu. s/w bawaan printer ini hnya utk mac dan window, namun demikian saya belum dapat eksperimen dg linux karena barangnya gak punya (harganya mahal dan distributornya gak mau jual), mestinya gak sulit.

salam

--
|===[ Yudhi Kusnanto ]==============[ +62 811 292 184 ]===|
|===[ STMIK Akakom ]================[ +62 274 486 438 ]===|