Dear All.

On Tue, 2006-12-05 at 08:15 +0700, fade2blac wrote:
> On Mon, Dec 04, 2006 at 06:47:58PM +0700, Resza Ciptadi wrote:

> Kenapa harus pemerintah? Pemerintah adalah salah satu endorser yang
> baik tapi bukan satu-satunya. Kebanyakan dari kita kan maunya cepat.
> GBF (get big fast) kalau istilah Amazon dulu. Kalau mau cepat memang
> salah satu komponen harus ada:
> - Pemerintah mau endorse dengan rencana dan eksekusi yang baik, atau
> - Ada investor malaikat yang investasi untuk develop FS/OSS.
>
> IMHO, kalau itu tidak ada, jangan harap bisa berkembang cepat. Tunggu
> saja evolusinya. Yang berpengaruh adalah permintaan dan penawaran.

Setuju about this point, Kenapa harus pemerintah?

Kemudian soal permintaan dan penawaran ini, kita harusnya bisa
menyupirnya, paling tidak bergerak kearah itu. Bagaimana caranya? Kalau
menurut saya, kita harus belajar dan aktif jadi pengembang aplikasi
juga.

Ada 2 poin disini:

1. Give back to the (global) community. Selama ini sebagian besar dari
kita hanya menggunakan F/OSS untuk kebutuhan kita, belum banyak membalas
jasa F/OSS dengan membantu pengembangannya lebih jauh (develop,
bug-reporting, documentations, translations?)

2. Ekspansi ke komunitas lokal Indonesia. Apa yang bisa F/OSS lakukan
untuk Indonesia?

> Maen tembak aja :-) Ini sudah pernah terpikirkan kira-kira setahun
> yang lalu. Terbentur masalah klasik. Operasional dari mana? Setahu saya
> tidak ada aktivis yang dapat Fund dari Ford Foundation yang bisa
> diinvestasikan dan hasilnya buat hidup seperti Stallman :-)) Bikin FSF
> kalau disini agak sedikit altruistik :-)

Iya nich, maen nembak aja.
Sebetulnya ide itu sich baru kepikir kemarin, but come to think of it,
why not? Kalau memang ini adalah salah satu hal yang musti dijalankan.

> Iya cara yang paling feasible adalah bikin kumpulan (KPLI), lalu pakai
> Linux setiap hari. Lebih lambat, tapi jika dijalankan dengan baik
> kemungkinan besar akan punya basis pengguna yang loyal.

Menurut saya, tidak cukup dengan hanya membuat Kelompok Pengguna. Maunya
juga dibuat Kelompok Pengembang.

All the best.
-arief