Kawan2 Linuxers Yth, Terlampir thread pembicaraan yang menghasilkan usul Topik Bahasan baru tersebut diatas: Pak Herawan Didit Yth,
Terimakasih atas masukannya.
Oleh karena masukan anda sangat canggih, saya agak lambat sedikit menjawabnya, sebab perlu mencari informasinya yang lengkap.
Dari Wkipedia, definisi :"National Information System" adalah:
--------
The National Innovation System (A.k.a. NIS, National System of Innovation) is the flow of technology and information among people, enterprises and institutions which is key to the innovative process on the national level. According to innovation system theory, innovation and technology development are results of a complex set of relationships among actors in the system, which includes enterprises, universities and government research institutes. --------- Ini jelas sebuah proses di sebuah negara yang sudah memasuki era Knowledge-based Society. Bicara tentang Indonesia, kita masih jauh dari era itu, walapun di Indonesia sudah ada Kelompok2 study Knowledge Management, malah ada pula Websitenya, punya kawan saya pak Haitan Rahman, kandidat S3 di Univ Kebangsaan Malaysia. URL-nya: http://sroestam.wordpress.com, kemudian di Daftar Blog, klik "Haitan Rahman" Jadi yang anda tanyakan, "Indonesian Telecommunication Cluster" dalam kerangka NIS belum ada. Namun demikian pertanyaan Bapak ini memberikan saya inspirasi untuk menambah Thread baru "National Innovation System" dimana didalamnya terintegrasikan "Indonesian Telecommunication Cluster" Ini adalah hasil Riset saya beberapa menit yang lalu, jadi kalau ada salah-salah kata, mohon Pak Didit bersedia untuk memperbaikinya. Silahkan berpartisipasi di "Diskusi Telematika 2008 di Cyberspace" via URL: http://mastel.wordpress.com Kalau pak Haitan ada di Milis, tolong bantu memberikan tanggapan.
Wassalam,
S Roestam
"Bersama kita pasti Bisa!"