Salam,

On Sep 18, 2008, at 9:41 AM, redmouse internet cafe wrote:

dan mau promosi juga boleh ya... hayoh bergabung sama temen-temen warnet linux di AWALI.. asosiasi yang KHUSUS buat warnet linux... jadi anggotanya ya warnet linux semua :D jangan ke yang lain2 ah... takutnya nanti tergoda loh, dengan temen2 yang masih pake bajakan,

Mas Romi. Promosi boleh saja. Tapi kalau kalimatnya seperti di atas itu, bisa menimbulkan intepretasi yang salah. Apalagi sedang berlangsung thread panas yang bisa bersinggungan dengan kalimat ini. Seolah, anda mengatakan bahwa asosiasi warnet selain AWALI adalah organisasi warnet pengguna aplikasi bajakan. Ini jelas tidak benar. Saya di AWARI, anggota kami tidak pernah mendukung aplikasi bajakan bahkan sebaliknya, organisasi kami selalu aktif di dalam gerakan open source dan menghormati HAKI serta legalitas usaha. Saya juga kenal beberapa asosiasi warnet yang lain yang punya skala nasional, mereka juga tidak seperti yang anda tuduhkan. Hati-hati ya kalau bicara. Atau barangkali anda mungkin punya bukti konkrit siapa asosiasi warnet yang anda maksud untuk dihindari itu?

Saya pribadi, tidak suka dengan gaya promosi dan cara bersaing semacam ini. Kalau kita hanya mau mengurus orang yang sudah tobat dan insyaf, ya maaf saja menurut saya itu bukan perjuangan yang sebenarnya. Perjuangan yang diperlukan adalah justru bagaimana kita masuk dan memberikan solusi kepada mereka yang masih menggunakan aplikasi bajakan. Bagaimana cara kita menjawab kebutuhan mereka. Apa inovasi kita melawan berbagai stigma bahwa misalnya: warnet linux bikin usaha bangkrut. Salah satunya AWARI memberi solusi jalan tengah, platform OS Windows legal, sisa aplikasinya menggunakan FOSS. Hanya masalah waktu sampai mereka benar-benar mau migrasi penuh, sekalipun bukan itu tujuani utamanya. Esensi utamanya yang dibutuhkan adalah menjadi legal dan bisnis tetap lancar. Sebab faktanya ada banyak hal yang memang belum bisa diberikan oleh platform Linux / FOSS penuh, misalnya untuk warnet jenis game center. Umumnya games yang digemari menggunakan platform Windows. Apakah itu salah asosiasi warnet? Apa itu salah warnet? Apa itu salah pengguna? Apa itu salah penyedia games? Kita harus mensikapi segala sesuatunya secara proporsional. AWARI sudah ada di pertempuran ini selama 8 tahun.

_______
Regards,

Pataka